Home » » 7 Senjata Kopassus Indonesia yang Terbaik

7 Senjata Kopassus Indonesia yang Terbaik

7 Senjata Kopassus Indonesia yang Terbaik- Indonesia patut berbangga dengan kelebihan senjata yang dimiliki Tentara Negara Indonesia (TNI), dimana para anak bangsa telah memberikan yang terbaik dibidangnya, senjata-senjata Indonesia telah disegani oleh negara-negara asing. 7 Senjata Kopasus ini dibilang yang terbaik, senjata ini merupakan andalan untuk perlengkapan dalam bertugas para tentaranya dan ini menjadi suatu kebanggan Indonesia. Dengan memiliki beberapa Komando Pasukan Khusus sebagai satuan elite yang didukung dengan berbagai senjata terbaik menjadikan pasukan ini yang terbaik dibidangnya.

Sesuai dengan perkembangan teknologi maka pasukan atau Tentara khusus telah dilengkapi dengan berbagai senjata yang mendukungnya agar tidak dipandang remeh oleh negara lain,

Berbagai senjata yang dimiliki oleh Tentara Negara Indonesia ( TNI )/ Kopassus:

7 Senjata Kopassus Indonesia yang Terbaik

1. Senapan Serbu

Senjata yang satu ini telah digunakan oleh Kopassus, senapan sebu organik yang menggunakan SS2 V5 buatan anak bangsa Pindad sebagai senapan penyempurnaan dari SS1 yang diadopsi dari pabrik FNC di Belgia. SS2 V5 lebih ringkas serta memiliki ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran Indonesia. Untuk akurasi dan ketahanan senjata inipun telah diperbaiki.

Senapan serbu harus memiliki jangkauan sekitar 500-800 meter dan memiliki tahan banting serta mudah digunakan oleh tentara Indonesia.

Selain SS2 V5 Kopassus juga memiliki beberapa senapan serbu lainnya, dimana jumlah dari senjata itu terbatas dan tidak digunakan setiap saat, seperti:

AK47 (Rusia), Steyr Aug A1/A2 (Austria), M16A2 (AS), M4A1, H&K HK53, SIG 552, H&K G36C (Jerman), Galil (Israel), FAMAS (Prancis).

2. Senapan Penembak Runduk

Senapan ini sering digunakan oleh para sniper, dimana cara penembakkannya dengan runduk, senapan ini dirancang khusus untuk para sniper dengan akurasi tinggi dilengkapi teleskop untuk membidik sasaran.

Moto sniper, satu peluru satu nyawa, peran sniper sangat dibutuhkan untuk melumpuhkan target atau memberikan bantuan tembakan.

Beberapa senapan yang digunakan Kopassus antara lain: Pindad SPR ( Indonesia ), Sig-Sauer SG550 (Swiss), H&K MSG 90, H&K G3 Sniper (Jerman), Galil Sniper (Israel), Remington 700 (AS), dan AI AW.

3. Senjata Genggam

Senjata genggam atau pisol merupakan senjata tambahan, biasa digunakan untuk pertempuran jarak dekat atau ketika senapa kehabisan amunisi.

Selain jago menembak dengan senapan laras panjang, personel Kopassus juga harus dapat menembak dengan pistol.

Berikut beberapa pistol yang digunakan korp baret merah: SIG-Sauer P226/P228, Berreta 92SB/92F, FN high Power, H&K MK23, M1911, Walther PPK, Pindad P1/2, Glock 17, Glock 19, FN Five-Seven.

4. Senapan Mesin

Senapan mesin digunakan untuk memberikan bantuan tembakan dengan berondongan peluru, senapan ini digunakan di tiap regu atau tim. Biasanya peluru yang berjumlah ratusan dimasukkan ke sabuk peluru atau ditempatkan dalam kotak.

Soal akurasi, senapan ini memang tak seakurat senapan serbu karena tugasnya memang memberondong musuh, bukan menembak satu demi satu.

Beberapa senapan mesin yang digunakan Kopassus adalah FN Minimi, Ultimax 100, Daewoo K-3 LMG, dari tiga itu FN Minimi yang berkaliber 5,56 mm paling banyak digunakan.

5. Senjata Pertempuran Jarak Dekat

Pertempuran antiteroris menuntut senjata yang handal digunakan untuk pertempuran jarak dekat (PJD). Senjata ini dapat di gunakan pasukan elite untuk misi-misi pembebasan sandera atau pertempuran dalam kota.

Senapan MP5 buatan Jerman menjadi favorit pasukan khusus dunia, termasuk Kopasus, senapan ini legendaris pertempuran jarak dekat.

Selain beberapa varian MP5, Kopassus juga menggunakan UZI (Israel) dan Daewoo K-7 (Korea Selatan)

6. Shotgun

Shotgun atau senapan sebar biasanya digunakan untuk mendobrak pintu atau pertempuran jarak dekat, peluru senapan ini berbentuk selogsong yang berisi bola-bola kecil yang menyebar begitu ditembakkan. Dengan peluru yang menyebar, daya rusak menjadi lebih besar.

Dalam tim antiteror, pembawa shotgun berada didepan , dia akan mendobrak pintu, sementara rekan-rekannya yang menenteng senapan mesin rinan menerobos maju.

Kopassus mengandalkan senapan Benelli M3T buatan Italia untuk shotgun, Pasukan baret merah ini juga menggunakan Franchi SPAS-12, dari negara yang sama.

7 Pisau dan Kampak

Tak cuma senjata api yang digunakan Kopassus, Pisau dan Kampak juga menjadi senjata para Kopassus, dengan mengandalkan senjata tajam untuk menyerang dan bertahan untuk bertarung dengan pisau.

Setiap lulusan pendidikan komando berhak mendapat pisau komando, selain bertarung, anggota Kopassus juga dilatih melempar pisau dan kampak.

Semoga dengan artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang berbagai senjata yang digunakan oleh Tentara Indonesia.

0 komentar:

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved