Home » » Capung Serangga yang Unik

Capung Serangga yang Unik

Binatang ini salah satu serangga yang sering anda temui dimana anda berada, Capung merupakan serangga yang dapat anda dapatkan dimana saja dan binatang ini sangatlah unik serta memiliki keindahan dari segi warna. Seperti halnya lebah, kupu-kupu, capung juga dapat mengalami metamorfosis dalam perkembangan kehidupannya atau periode hidup dari capung.

Pada waktu saya kecil atau duduk dibangku SD saya naimai capung Helikopternya binatang, dikarenakan bentuknya seperti helikopter pada mukanya, dan kehidupan capung juga berbeda dengan yang dialami oleh kupu-kupu. Serangga kupu-kupu mengalami metamorfosis yang sempurna sedangkan capung sendiri mengalami metamorfosis yang tidak sempurna, dimana perkembangan yang dilaluinya dari telur yang diproduksi, kemudian menjadi larva dan pada akhirnya menjadi capung dewasa yang dapat terbang tanpa ada hambatan.

Di Indonesia sendiri capung memiliki perkembangan yang baik dimana negara ini merupakan negara beriklim teropis dan sehingga capung dapat ditemukan dimana saja anda erada.
Capung Serangga yang Unik

Keunikkan yang dapat anda lihat dari serangga capung adalah;

1. Serangga ini memiliki keunikkan tersendiri, dimaan capung merupakan salah satu serangga purba yang hidup dibumi sejak 300 juta tahun yang lalu serta sampai sekarang masih dapat ditemukan. Dan fosil capung terbesar yang pernah di temukan dibumi memiliki ukuran lebar saya lebih dari 3 meter.

2. Serangga ini merupakan serangga yang tergolong dalam Odonata dengan lebih dari 5000 spesies berbeda yang terbesar di seluruh penjuru dunia, dan di Indonesia sendiri dengan negara yang terluas serta terbesar yang pastinya memiliki banyak spesies capung yang beraneka ragam.

3. Capung akan menyimpan telurnya di dalam air agar pada saat mengalami proses maka capung akan hidup dengan sendirinya tanpa ada bantuan, setela telur itu menetas dan menjadi larva maka akan mengalami proses panjang menjadi capung yang indah dan dapat terbang.

4. Capung dianggap sebagai serangga yang ganas, dimana pada saat menjadi larva dia selalu memakan binatang disekitarnya tanpa ampun, dan pada saat menjadi capung serangga ini menjadi predator nyamuk.

5. Hidup capung tidak lama, hanya sekitar beberapa minggu saja dan kehidupan lamanya pada saat menjadi larva. Tujuan metamorfosis capung hanya mencari pasangan untuk menentukan kelangsungan hidupnya atau membuat keturunan.

6. Capung memiliki kecepatan terbang hingga 50 km/jam, dimana sayap capung bagian yang sangat membatu untuk terbang serta serangga yang memiliki manuvur terbang cepat.

7. Mata capung inilah yang membuat saya tertarik dari serangga ini, keunikan dan keindahan warnannya.

8. Capung  dapat ditemukan dimana saja.

Semoga artikel diatas dapat menambah ilmu pengetahuan anda mengenai berbagai macam binatang yang ada disekitar kita.

0 komentar:

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved