Home » » Ketika Gigi Kaylila Tumbuh

Ketika Gigi Kaylila Tumbuh

Kecemasan saya pada perkembangan anak, karena sampai umur 7 bulan belum tumbuh gigi seri. Ke khawatiran saya pun bertambah setelah saya melihat anak tetangga saya yang baru berusia 5 bulan sudah tumbuh gigi, padahal saya sudah memberikan mainan teether pada anak saya untuk merangsang tumbuh gigi tetapi masih juga belum tumbuh. Sayapun mencari informasi diberbagai media dan konsultasi kedokter, to the point.., jawaban dokter dan media yang saya baca sama. Intinya seperti ini, Perkembanga atau pertumbuhan gigi anak sangat bervariasi tergantung pada pertumbuhan serta perkembangan anak dan makanan yang dikonsumsinya. Karena semakin anak diperkenalkan dengan makanan keras, pertumbuhan rahangnya semakin terangsang, secara otomatis gusi menipis dan gigi akan cepat tumbuh.

Dengan jawaban itu membuat saya tidak merasa khawatir lagi tentang perkembangan gigi pada anak saya. Dan ini beberapa artikel yang saya baca serta saya minta maaf tidak menuliskan semua artikel yang saya baca ataupun tidak menuliskan sumber yang lengkap, jika ada yang merasa keberatan silakan berikan saya kritikan untuk merefisi tulisan yang saya publikasikan. Tapi tujuan saya yang jelas ingin berbagi pengalaman yang saya dapatkan.


1. Belum tentu ibu yang lebih banyak mengonsumsi kalsium akan melahirkan bayi/anak dengan pertumbuhan gigi yang lebih cepat, karena daya serap janin pada saat di dalam kandungan berbeda - beda.  Pertumbuhan rata -rata gigi susu, pada gigi seri atas tumbuh pertama kali saat usia 6 bulan. Untuk itu bagi ibu yang memiliki anak diusia tersebut tidak perlu khawatir jika si anak juga belum tumbuh gigi, karena tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun. Alhamdulillah pada saat usia 11 bulan secara bersamaan anak saya tumbuh gigi pertama dan bisa berjalan pada usia 11 bulan juga, gigi yang tumbuh lebih dari satu dan tumbuh secara bersamaan.

2. Demamnya anak pada saat tumbuh gigi, biasa orang tua sering kali mengabaikan demam pada anak yang giginya sedang tumbuh. Dan dari pengalaman saya pada saat gigi tumbuh disertai demam segera mungkin bagi bunda untuk mendapatkan penanganan medis. Karena tangisan anak akan membuat si anak akan meronta -ronta ataupun teriak sekencang mungkin yang akan mengakibatkan kepanikan si bunda, keluarga jadi bangun semua, tetangga pada datang ( jika terjadinya malam)

3. Jika ingin pertumbuhan giginya cepat, sebaiknya bunda jangan sering memberi makanan cair, akibatnya si anak akan semakin malas makan, serta gigi geligi dan gusinya tak berlatih mengigit, mengunyah serta ada rasa mengeluh pada si anak. Dari pengalaman saya pada usia 4 bulan saya membelikan mainan teether untuk merangsang tumbuhnya gigi ternyata di usia 11 bulan anak saya tumbuh gigi secara bersamaan dan giginya pun kuat untuk menggigit makanan yang keras bahkan jari sayapun digigit sampai keluar darah. Di usia sekitar 9 bulan setiap kita makan saya memberi makanan anak dipiring sendiri dan membiarkan anak saya melakukan apa saja apa yang ada dipiring dan makanannya. Dan Alhamdulillah setiap kali kita mau makan si anak mengambil piring sendiri  kebetulan tempat piring tidak terlu tinggi cukup dijangkau anak saya.

Saran:

> Latih si anak menggigit biskuit/teether, sehingga saat menggigit akan menekan gusi serta mempercepat pertumbuhan gigi.
> Berikan makanan sesuai aturan.

Mungkin itu yang bisa caraku share, semoga dari artikel tersebut dapat membatu bunda. Dan Sekiranya tulisannya acak - acak harap maklum.

0 komentar:

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved