Home » » Proses Booting Lambat pada Komputer Desktop

Proses Booting Lambat pada Komputer Desktop

Pada saat menyalakan sebuah komputer dan tiba-tiba proses booting yang di laluinya lambat sehingga komputer gagal booting, memang kasus ini terkadang terjadi pada saat komputer di butuhkan mengalami permasalahan. Kasus tersebut terkadang di butuhkan waktu sekitar 10 hingga 25 detik, permasalahan tersebut terkadang tergantung dari hardware serta aplikasi yang di gunakan, dari kasus tersebut ada dua kemungkinan permasalahan yang membuat proses booting komputer lambat.

Jika ada permasalahan di atas melanda komputer anda, saya mencoba berbagi tips dan trik untuk mengatasi permasalahan "proses booting lambat" cara tersebut dengan mengecek hardware dan cara yang lain dengan mengecek perangkat lunak yang di pakai.


Hardware

Ada sebuah komponen komputer yang membuat proses booting menjadi lambat, yaitu komponen di sekitar harddisk atau bisa juga permasalahan harddisknya, coba anda lakukan pengecekkan terhadapat kabel harddisk apabila anda menggunakan kabel ATA/IDE, apakah penempatan kabel tersebut berada di primary master atau primary slave, jika berada di slave anda pindahkan kabel ke posisi primary master. Sedangkan apabila anda menggunakan kabel SATA, letakkan posisi kabelnya berada di SATA 0/1, karena jika posisi kabel di sata 3 atau di slave akan mempengaruhi juga saat booting.

Langkah yang kedua pengecekkan pada hardware memory, permasalahan diatas juga dapat di sebabkan karena komponen pemasangan memory yang tidak tepat atau memasang memory pada dimm 2/3 buka pada dimm 1, karena proses pembacaan pada saat POST akan mencari komponen hardware yang di jumpai pertamakali. solusi tersebut anda pindahkan posisinya dan mencoba membersihkannya juga seperti kuningan yang ada pada memomry tetapi jangan di sentuh gunakan steep/cairan hardware dan bersihkan slot memory dengan kuas.

Software

Apabila komponen di atas tidak ada permasalahan dan spesifikasi komputer yang di gunakan sudah bagus, akan tetapi booting msaih juga lambat. Penyabab yang lain selain hardware juga di sebabkan karena perangkat lunak yang anda gunakan terlalu berlebihan atau sering install lalu uninstall program sehingga boros memory dan terlalu banyak program yang di buka yang semestinya tidak dibuka atau di tutup tetapi tidak di tutup maka loading yang di lakukan menjadi berat.

Tips untuk mengatasi jika permasalahannya pada program yang anda gunakan;
  • Tutup semua program atau aplikasi yang sedang anda buka atau sedang berjalan
  • Klik Start - Run lalu ketikan MSCONFIG tekan enter, setelah itu akan menampilkan kota dialog system configuration Utility
  • Klik StartUp pada dialaog tersebut, apabila program yang mencul cukup banyak maka hilangkan  aplikasi yang tidak terpakai dengan menghilangkan centangnya.
  • Setelah centang di hilangkan, lalu anda pilih Apply dan klik Ok. untuk konfirmasi anda pilih Yes.
  • Gunakan Defragment yang ada pada bawaan Windows untuk menata file, atau gunakan CCleaner untuk menghapus program yang tidak terpakai lagi.
  • Jangan sering mematikan komputer dengan manual atau langsung menekan tombol on/off.
Semoga tips di atas dapat membantu anda untuk mengatasi permaslahan yang mungkin melanda komputer anda yang sedang di pakai.

0 komentar:

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved