Home » , » Perkembangan Distro Linux

Perkembangan Distro Linux

Sistem operasi yang satu ini saya kira sudah tidak asing lagi, selain anda mengenal dengan sistem operasi dari Microsoft Windows. Sistem operasi ini adalah Linux, ia Linux, kenalkan dengan sistem ini? itu sudah pasti. Saya jelaskan sedikit tentang Linux, walaupun sudah banyak artikel yang membahasnya akan tetapi saya kira tak ada habisnya jika di bahas lagi bukan?

Tentang Perkembangan Linux

Linux merupakan sistem operasi yang didefinisikan oleh banyak orang yang di kombinasikan secara unik antara nama penciptanya, sistem operasi yang menjadi target adalah UNIX. Dan semua berawal dari sebuah sistem operasi bernama Minix, Minix di buat oleh Profesor Andrew Tanenbaum. Pada saat itu ada seorang mahasiswa dari Universitas Helsinki yang bernama Torvald yang kemudian memakai sistem Minix dari menggunakan sistem tersebut ia mengatakan bahwa Minix masih belum memadai akan kebutuhan PC.

Pada tahun 1991, Torvald membuat sistem operasi yang merupakan clone UNIX dan kemudian ia namai Linux, pada saat itu ia tidak memberikan kode apapun pada Linux yang ia buat dari vendor UNIX, dan Torvald mendistribusikan linux di internet dengan bebas tanpa ada biaya sepersenpun alias gratis.
perkembangan sistem operasi dari distro lunux hingga sekarang

Pada tanggal 5 bulan Oktober tahun 1991, Torvald mengirimkan sistem operasi yang ia buat ke Newsgroup.comp.os minix bahwa ia menyediakan source code yang ada di Linux untuk di kembangkan, dan ia juga meminta para programmer lain untuk dapat ikut serta dalam mengembangkan Linux yang ia buat.

Karena pada saat itu linux hanya dapat berjalan setengah matang, sistem ini hanya menjalankan sedikit perintah dari UNIX seperti bash, gcc, dan gnu-make. Pada tahun 1994 saat itu Linux 1.0 diluncurkan dan sudah ada kestabilan dalam mengoperasikannya, bahkan linux sudah memiliki maskot sendiri yang dijelaskan sebagai seekor penguin yang menggemaskan dan ramah.

Sedangkan pada tahun 1996, dari berbagai tim pengembang Linux yang ada di seluruh dunia mulai memberikan hasil yang positif bahkan sudah di buat versi Linux untuk sejumlah hardware dari mesin Atari ST sampai Macintosh. Dengan banyak tim yang mendistribusikan berbgai idenya, maka linus semakin berkembang hingga saat ini.

Dengan perkembangan yang cukup pesat Linux sudah berkembang dari berbagai versi seperti RedHat, Caldera, hingga sekarang yang saya pakai Linux Red Hat Enterprise 7.

Berbagai kemampuan yang di sediakan oleh Linux seperti Multiuser, Multiprocessor, Multitasking, MultiThreading, Local dan Network File System serta lainnya.

Linux sendir di kembangkan dengan sifat Open Source agar kode yang ada pad Linux dapat dikembangkan lagi dari aplikasi-aplikasi pembentuk sistem dan lainnya, sehingga linux dapat dikembangkan secara bebas, orang lain dapat melakukan sebuah modifikasi ataupun pengembangan yang bersifat customize.

Berikan beberapa perkembangan Linux
  1. RedHat
  2. Mandrake
  3. Slacware
  4. Debian
  5. SuSe
  6. Stampede
  7. MkLinux
  8. Fedora
  9. Ubuntu
  10. Xandros
  11. Caldera
  12. WinLinux2000
  13. dan lain-lain
Distribusi yang di sediakan Linux bermacam-macam, apabila anda ingin menginstal sistem operasi Linux maka yang di butuhkan sudah di sediakan seperti aplikasi, Office, multimedia, dan lain-lain. Untuk penggunaan yang dapat anda gunakan di PC, saya sarankan yang terbaru seperti Linux Red Hat Enterprise 7, karena kebutuhan konsumen sudah di sediakan di sistem tersebut. 

2 komentar:

bitebrands said...

klo mo info distro baju, ini infonya ;D

Shikamaru Nara said...

good job gan
Isolasi hp double tapec

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved