Home » , » Tips Mengoptimalkan Kinerja Laptop Atau Personal Computer (PC)

Tips Mengoptimalkan Kinerja Laptop Atau Personal Computer (PC)

KENAPA KINERJA KOMPUTER DAPAT MENURUN?

Pada saat anda membeli komputer baru dan memberikan sistem operasi pada komputer, maka kinerja komputerpun masih fresh dan bekerja dengan baik tanpa ada hambatan sama sekali, penurunan kinerja komputer memiliki banyak penyebab permasalahan yang meliputi masa penuaan hardware, tidak terawatnya komponen yang ada di dalam komputer sehinggan debu membuat karat komponen hardwarenya.

Menurnnya kinerja komputer disebabkan pemakai komputer yang tidak merawat komputer dengan baik, sehingga proses booting memakan waktu yang lama, membuka program menjadi lambat, dan koputer menjadi hang. Disamping itu banyak program-program yang menumpuk serta temporary file yang bertumpuan di dalam komputer yang memberatkan proses loading.


Selain itu, ada penyebab lain yang mengakibatkan komputer jadi hang, dan sebagainya, yaitu dari luar ketika kita menggunakan internet kita lupa untuk memproteksi jaringan lalu lintas URL yang dilalui berbagai portal yang di akses, sehingga virus, maleware, dan spyware masuk kedalam komputer anda. Solusi yang harus anda lakukan adalah memasang Firewal  pada browser yang anda pakai dan di komputer serta menambahkan antivirus secara update berkala.

CARA MEMBERSIHKAN SECARA MENYELURUH

Membersihkan debu pada komponen dalam komputer, membersihkan registry sampah pada komputer, selalu mendefragmenter komputer anda, melakukan pembersihan secara menyeluruh merupakan langkah awal untuk meningkatkan kinerja dari komputer. Dan tidak dapat dipungkiri jika anda merawat komputer, maka kinerja komputer semakin baik apabila komputer bersih dari berbagai macam yang menggunggu komputer.

MEMBERSIHKAN HARDDISK DARI DATA YANG TIDAK TERPAKAI

Harddisk merupakan media penyimpanan data digital yang fleksibel, yaitu dapat ditambah dan dapat dikurangi. Harddisk memiliki resiko yang tinggi apabila terjadi permasalahan padanya maka secara otomatis data akan hilang tidak kelihatan akan tetapi data sebenarnya tidak hilang atau Harddisk tidak terdeteksi dengan baik, maka saya sarankan untuk membersihkan data yang tidak penting untuk dihapus agar kinerja komputer tidak berat saat loading.

Lakukan pembersihan secara menyeluruh baik itu file data ataupun sampah registry yang tidak terpakai, dengan tujuan Harddisk tidak mengalami Bad Sector atau rusak secara fisik.

Adapun program bawaan dari pihak Microsoft sudah menyediakan tools untuk membersihkan sampah atau data yang tidak di pakai atau dengan menggunkan program tambahan seperti CClearner, Ashampoo Registry Cleaner, dan lain-lain.

OPTIMALKAN SOFTWARE YANG SUDAH TERINSTAL ATAUPUN UNINSTALL

Tujuan mengoptimalkan software adalah agar kinerja software yang dipakai bekerja dengan baik sedangkan software yang sudah di uninstaal akan dihapus dari registry komputer, gunakan software bawaan atau tambahan. untuk mengoptimalkan software pada komputer. Dan saya sarankan untuk tidak mencoba-coba install lalu meng - uninstal software yang di install, karena cara seperti itu akan membuat sampah yang memperlambat kinerja komputer anda.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat.

0 komentar:

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved