Home » » Cara Menyusui Yang Baik Agar Puting Susu Tak Lecet

Cara Menyusui Yang Baik Agar Puting Susu Tak Lecet

ASI bagi bayi dibawah umur sekitar 3 bulan merupakan makanan yang utama karena nutrisi yang penting bagi kelangsungan si bayi. Setelah itu penyusuan bayi di atur pada waktu tertentu, prinsipnya ibu dan anak harus sama-sama nyaman. Puting lecet seringkali menjadi sebuah keluhan bagi ibu yang menyusui bahkan sampai menahan sakit saat si bayi menyusu.

Waktu menyusui yang tepat pada saat bayi selesai dimandikan karena kondisi tersebut si bayi merasa segar dan akan meminum susu lebih banyak. Susui bayi selama kurang lebih setengah jam dan hentikan setelah itu. Dan bunda dapat menyusui lagi setelah ada jarak minimal 1 jam sekali.

ASI eksklusi yang dianjurkan adalah jika umur si bayi berusia minimal 6 bulan, Selain itu tidak ada lankah yang khusus yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri ibu untuk menyusui. Bunda juga dapat menyelingi susu dengan makanan bayi sesuai dengan usia bayi, karena pemberian susu kepada bayi akan semakin berkurang intensitasnya seiring dengan bertambahnya usia bayi.


Tips Menyusui

Bahwa ibu dan bayi harus berada dalam posisi yang nyaman saat proses menyusui berlangsung :

> Perhatikan tubuh dan leher bayi, keduanya harus berada dalam garis lurus.
> Memasukan aerola sebanyak-banyaknya, sehingga puting terletak diantara langit-langit mulut bayi yang keras dan lunak.
> Pegang tubuh bayi dekat dengan bunda dan pada sudut yang tepat, bawa bayi ke payudara, bukan payudara ke bayi.
> Dorong bayi untuk menghisap jaringan payudara di sekitarnya.
> Dengan posisi yang baik, menempel ke payudara, sehingga bayi menyusu dengan menggunakan lidahnya sehingga lecet pada puting bisa dihindari.
> Posisi pipi bayi yang menyusu dengan benar yaitu menggembung, jika pipi bayi kempot berarti posisi tidak tepat yang berakibat resiko lecet.
> Kontak kulit dengan bayi segera setelah melahirkan merangsang naluri bayi untuk mencari payudara.
> Jangan biasakan memegang payudara dengan gaya gunting, tapi peganglah dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk seperti sedang memegang payudara.

Semakin sering bunda menyusui, semakin deras ASI bunda dan mencegah pembengkakan pada payudara. Jadi usahakan untuk sering memberikan bayi ASI dengan cara menyusui / memompa ASI. Karena ada beberapa hal yang bisa menghambat produksi hormon oksitosin dan membuat gemuk, puting lecet, menyusui sambil melakukan pekerjaan itu tidak baik bagi perkembangan bayi. Dan Menyusui juga menciptakan kenyamanan pada bayi, selain itu dapat menurunkan jumlah kehilangan darah setelah melahirkan, serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi bayi dari diare dan kondisi alergi lebih rendah.



0 komentar:

 

Copyright © 2013. caraku SHARE - All Rights Reserved